Friday, April 3, 2015

Contoh Resensi Buku Panduan Amalan Hari Jumat

Panduan Amalan Hari Jumat

Judul : Panduan Amalan Hari Jumat
Pengarang   : Mahmudin
Tahun Terbit : 2008
Kota Terbit : Yogyakarta
Penerbit         : Mutiara Media 
Jumlah halaman : xxi + 180 Halaman
Hari Jumat adalah hari yang utama dan istimewa, karena memang hari ini adalah hari yang diistimewakan diantara hari-hari lainnya, sebagaimana keterangan dari Al-Qur’an dan sunah Rasul. Hari Jumat juga dianggap sebagai hari rayanya umat islam, maka secara khusus pada hari itu kita dilarang untuk berpuasa, kecuali orang tersebut sudah berpuasa pada hari sebelum atau sesudahnya, atau puasanya itu bertepatan dengan hari-hari yang biasanya ia melakukan puasa, seperti puasa hari Arafah. Hari Jumat juga merupakan hari yang penuh ampunan. Selain itu, Orang yang meninggal dunia pada hari Jumat juga akan diselamatkan dari fitnah kubur dan siksanya. Karena orang yang meninggal dunia pada hari Jumat atau malamnya telah tersingkap tabir darinya. Sebab, pada hari itu neraka Jahanam tidak dinyalakan, ditutup pintu-pintunya dan penguasa neraka tidak sedang beraktivitas sebagaimana pada hari-hari lainnya. Buku ini menjelaskan berbagai keistimewaan hari jumat
Beberapa amalan yang lebih ditekankan untuk dilakukan pada hari Jumat adalah Membaca shalawat Nabi saw, karena sesungguhnya shalawat umat Nabi saw.ditayangkangkan kepada beliau pada hari Jumat, membaca Surat Al-Kahfi.Karena dijelaskan dalam suatu hadist, bahwa orang yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya terang untuknya dari bawah telapak kakinya hingga setinggi awan langit yang akan meneranginya di hari kiamat dan juga diampuni dosanya diantara dua Jumat, membaca Surat Al-Imran, orang yang membaca surat Al-Imran pada hari Jumat, maka Allah dan para malaikat akan memberi shalawat (rahmat/permintaan ampun) hingga matahari tenggelam, Membaca Sayyidul Istighfar, memperbanyak amal, karena pada hari Jumat pahala amal kebaikan akan dilipatgandakan, ziarah Kubur, karena dalam sebuah hadist diterangkan, orang yang mengunjungi makam kudua orang tuanya pada hari Jumat akan diampuni dosanya dan dicatat sebagai orang yang berbakti kepada kedua orangtua, serta membaca Surat Huud dan Ad-Dhukhan, dan lain lain.

Buku ini sangat bermanfaat, menarik untuk dibaca, kata-katanya mudah dipahami, serta harganya pun mudah dijangkau. Dan buku ini juga menambah wawasan kita agar lebih mengetahui keistimewaan hari jumat.
ANGGI AJENG P.
9J/16

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Resensi Buku Panduan Amalan Hari Jumat

0 comments:

Post a Comment