Saturday, April 18, 2015

beberapa pengertian tentang kata Grouping

  1. Interest grouping adalah pengelompokan yang didasarkan atas minat peserta didik. Peserta didik yang berminat pada pokok bahasan tertentu, pada kegiatan tertentu, pada topic tertentu atau tema tertentu, membentuk kedalam suatu kelompok.
  2. Special need grouping adalah pengelompokan berdasarkan kebutuhan-kebutuhan khusus peserta didik. Peserta didik yang sebenarnya sudah tergabung dalam kelompok – kelompok, dapat membentuk kelompok baru untuk belajar ketrampilan khusus.
  3. Team grouping adalah suatu kelompok yang terbentuk karena dua atau lebih peserta didik ingin bekerja dan belajar secara bersama memecahkan masalah-masalah khusu.
  4. Tutorial grouping adalah suatu pengelompokan dimana peserta didik bersama-sama dengan guru merencanakan kegiatan-kegiatan kelompoknya. Dengan demikian, apa yang dilakukan oleh kelompok bersama dengan guru tersebut, telah disepakati terlebih dahulu. Antara kelompok satu dengan yang lain, bias berbeda kegiatannya, karena mereka sama-sama mempunyai otonomi untuk menentukan kelompoknya masing – masing.
  5. Research grouping adalah suatu pengelompokan dimana dua atau lebih peserta didik menggarap suatu topic khusus untuk dilaporkan di depan kelas. Bagaimana cara penggarapan, penyajian serta system kerja yang dipergunakan bergantung kepada kesepakan anggota kelompok.
  6. Full class grouping adalah suatu pengelompokan dimana peserta didik secara bersama-sama mempelajari dan mendapatkan pengalaman dibidang seni. Misalnya saja kelompok yang berlatih drama, musik, tari dan sebagainya.
  7. Combined class grouping adalah suatu pengelompokan dimana dua atau lebih kelas yang dikumpulkan dalam suatu ruangan untuk bersama-sama menyaksikan film, slide, TV, dan media audio visual lainya.
  8. Multigrade and multiage grouping adalah pengelompokan yang multi tingkat dan multi usia. Pengelompokan demikian dapat terjadi pada sekolah –sekolah yang menggunakan system tingkat. Pada pengelompokkan demikian, peserta didik berbeda usianya, dikelompokan dalam tempat yang sama. Mereka berinterkasi dan belajar bersama-sama.
  9. The dual progress plan grouping adalah system pengelompokan demikian dimaksudkan untuk mengatasi perbedan-perbedaan kemampuan individual disetiap umur dan setiap tingkat. Masing-masing peserta didik diberi kesempatan untuk mengerjakan tugas-tugas guru sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing. Dengan sendirinya, system pengelompokan demikian, sebanyak ragam dan heterogenitas peserta didik disekolah tersebut. Semakin heterogen kelompok semakin banyak; sebaliknya semakin homogeny semakin sedikit. Homogenitas da heterogenitas demikian diaksuentasikan kepada bakat peserta didik. Dengan demikian, layanan yang diberikan oleh guru lebih banyak diasuentasikan kepada bakat khusus yang dimiliki oleh peserta didik tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : beberapa pengertian tentang kata Grouping

0 comments:

Post a Comment