Friday, May 6, 2016

Pengembangan Kurikulum

Pengembangan Kurikulum

Pengembangan kurikulum harus dilandasi oleh manajemen berdasarkan pertimbangan-pertimbangan multidimensional, yaitu :

  1. Manajemen sebagai suatu disiplin ilmu sangat erat kaitannya dengan disiplin ilmu-ilmu lainnya, seperti filsafat, psikologi, social budaya, sosiologi dan teknologi, bahkan ilmu manajemen bayak mendapat konstribusi dari ilmu-ilmu yang lain. Banyak teori, konsep dan pendekatan dalam ilmu manajemen memberikan masukan teoritik dan fundamental bagi pengembangan kurikulum. Itu sebabnya secara konseptual teoritik ilmu manajemen harus menjadi landasan penting dalam pengembangan kurikulum. Hal ini tampak jelas konstribusi pengembangan fungsi-fungsi manajemen dalam proses pengembangan kurikulum, yang pada dasarnya sejalan dengan proses manajemen itu sendiri.
  2. Para pengembang kurikulum mengikuti pola dan alur piker yang singkron dengan pola dan struktur berpikir dalam manajemen. Proses pengembangan tersebut sejalan dengan proses manajemen yakni kegiatan pengembangan dimulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, implementasi dan control serta perbaikan. Oleh sebab itu setiap tenaga pengembang kurikulum seyogyanya menguasai ilmu manajemen.
  3. Implementasi kurikulum sebagai bagian integral dalam pengembangan kurikulum yang membutuhkan konsep-konsep prinsip-prinsip dan prosedur serta pendekatan dalam manajemen. Implementasi kurikulum menuntut pelaksanaan pengorganisasian, koordinasi motivasi, pengawasan, system penunjang serta system komunikasi dan monitoring yang efektif, secara berasal dari ilmu manajemen. Dengan kata lain, tanpa memberdayakan konsep-konsep manajemen secara tepat guna, maka implementasi kurikulum tidak berlangsung secara efektif.
  4. Pengembangan kurikulm tidak lepas bahkan sangat erat kaitannya dengan kebijakan dibidang pendidikan, yang bersumber dari kebijakan pembangunan nasional, kebijakan daerah, serta berbagai kebijakan sektoral.
  5. Kebutuhan manajemen di sector bisnis dan industry, misalnya kebutuhan tenaga terampil yang mampu meningkatkan produktivitas perusahaan, kebutuhan demokratisasi di lingkungan semua bentuk dan jenis organisasi, adanya perspektif yang menitikberatkan pada sector manusiawi dalam proses manajemen, serta berbagai perspektif lainnya. Pada gilirannya, memberikan pengaruh penting dalam kegiatan pengembangan kurikulum

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengembangan Kurikulum

  • Contoh Resensi Buku Dahsyatnya Senam OtakSenam Otak Memberikan Banyak ManfaatIdentitas Buku :Judul buku : Dahsyatnya Senam OtakPenulis : As’adi MuhammadPenerbit : DIVA PressTahun terbit : 2011Kota terbit : J ...
  • Contoh resensi buku Imbalan dan Hukuman pengaruhnya bagi pendidikan anakJudul      : Imbalan dan Hukuman pengaruhnya bagi pendidikan anakPenulis : Dr. Ahmad Ali BudaiwiPenerjemah : Dr. M. SyihabuddinPenerbit : Gema InsaniTah ...
  • PESANTREN DAN SURAU pesantren Secara etimologi perkataan pesantren berasal dari akar kata santri dengan awal “pe” dan akhir “an” yang berarti “tempat tinggal santri” selain itu, asal kata ...
  • Karakteristik Perencanaan Kurikulum Karakteristik Perencanaan Kurikulum Perencanaan kurikulum adalah perencanaan kesempatan belajar yang dimaksudkan untuk membina siswa/ peserta didik ke arah perubahan ...
  • Beberapa pengertian mengenai kata kebenaranTerdapat empat jenis kebenaran yang secara umum telah dikenal oleh orang banyak, yaitu sebagai berikut:Kebenaran religius adalah kebenaran yang memenuhi kriteria atau di ...

1 comments:

  1. How to make money from casino games by playing
    When playing 정읍 출장안마 casino games online, you will notice that there is no difference between online 양산 출장샵 and offline casinos. There are free spins What หารายได้เสริม is online gambling?How can I win 수원 출장샵 money by 전라남도 출장마사지 playing casino games?

    ReplyDelete