Monday, August 15, 2016

beberapa pengertian mengenai kata motif


  1. motif adalah (1) Pola; corak (2) alasan (sebab) serorang melakukan sesuatu.
  2. motif ekonomi adalah alasan ataupun tujuan seseorang sehingga seseorang itu melakukan tindakan ekonomi.
  3. motif eksentrinsik adalah motif yang dilandasi atas dasar dorongan atau pengaruh dari orang lain atau lingkungan.
  4. motif intrinsik adalah motif yang timbul atas dasar kesadaran manusia itu sendiri.
  5. motif kedamaian adalah motif yang mendorong seseorang melakukan tindakan ekonomi untuk mendapatkan ketenmtraman batin.
  6. motif kekuasaan adalah motif ekonomi yang mendorong seseorang melakukan tindakan ekonomi untuk mendapatkan kekuasaan dalam bidang usahanya.
  7. motif memegang uang adalah motif yang disampaikan oleh John Meynard Keynes. Menurut Keynes, ada tiga alasan (motif) mengapa orang suka memegang uang. pertama, orang ingin berjaga-jaga untuk pengeluaran yang sifatnya mendadak, misalnya untuk memebayar rumah sakit ketika terjadi kecelakaan. Alasan ini dikenal dengan motif berjaga-jaga (precausionary motive). Kedua, orang ingin melakukan transaksi sewaktu-waktu misalnya membeli barang/jasa, membayar utang, atau transaksi yang lainnya. Alasan ini dikenal dengan motif transaksi (transaction motive). Ketiga, orang ingin berspekulasi (untung-untungan). dengan memegang uang, dia berharap di waktu mendatang nilai uangnya akan naik. Hal ini mungkin akan terjadi apabila ada peristiwa penurunan harga-harga barang (deflasi). Alasan ini dikenal dengan motif spekulasi (speculation motive).
  8. motif non ekonomi adalah alasan yang mendasari tindakan seseorang yang tidak memperhitungkan untung dan rugi.
  9. motif penghargaan adalah motif ekonomi yang mendorong seseorang melakukan tindakan ekonomi bukan semata-mata untuk memenuhi kebutuhan, melainkan untuk dipandang dan mendapat penghargaan dari pihak lain.
  10. motif sosial adalah motif yang mendorong seseorang melakukan tindakan ekonomi untuk kepentingan pihak lain.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : beberapa pengertian mengenai kata motif

0 comments:

Post a Comment