Monday, August 15, 2016

beberapa pengertian mengenai kata operasi

beberapa pengertian mengenai kata operasi
  1. operasi jayawijaya adalah sebuah operasi yang direncanakan oleh TNI Angkatan Laut karena Belanda tidak mau menyerahkan Irian Barat kepada Indonesia, sehingga terjadi konflik yang merujuk rencana operasi ini. Operasi Jayawijaya merupakan operasi amfibi terbesar dalam sejarah operasi militer Indonesia. Tidak kurang dari 100 kapal perang dan 16.000 prajurit disiapkan dalam operasi tersbeut. Namun, operasi ini tidak dilakukan karena tercapainya persetujuan New York.
  2. operasi Sapta Marga adalah operasi yang dipimpin Brigjen Djatikoemoema di Sumatra Utara untuk menumpas pemberontakan PRRI/ Persemesta.
  3. Operasi Seroja adalah sandi untuk invasi Indonesia ke Timor Timur yang dimulai pada tanggal 7 Desember 1975. Pihak Indonesia menyerbu Timor Timur karena adanbya desakan Amerika Serikat dan Australia yang menginginkan agar Fretilin yang berpaham komunisme tidak berkuasa di Timor Timur. Selain itu, serbuan Indonesia ke Timor Timur juga karena adanya kehendak dari sebagian rakyat Timor Timur yang ingin bersatu dengan Indonesia atas alasan etnik dan sejarah.
  4. operasi Trikora adalah konflik 2 tahun yang dilancarkan Indonesia untuk menggabungkan wilayah Papua Bagian Barat. pada tanggal 19 Desember 1961, Soekarno (Presiden Indonesia) mengumumkan pelaksanaan Trikora di Alun-Alun Utara Yogyakarta Soekarno juga membentuk Komando Mandala. Mayor Jendral Soeharto diangkat sebagai panglima. Tugas komando ini adalah merencanakan, mempersiapkan, dan menyelenggarakan operasi militer untuk menggabungkan Papua bagian barat dengan Indonesia.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : beberapa pengertian mengenai kata operasi

0 comments:

Post a Comment