Monday, August 15, 2016

Studi Kenal Lingkungan Alam
SKAL 2015
Oleh :
1.      M. Wildan Habibi (8G/10)
2.      M. Muhyidin (8G/11)
3.      M. Zuhdhan A.I (8G/12)
4.      Syarofina Izna M (8G/35)
5.      Ulfa Nirmala P (8G/36)
6.      Virnindya K.A.P (8G/37)
7.      Ziana Walidah Taj (8G/38)

Madrasah Tsanawiyah Negri 2 Kota Kediri

NIP.19660101991031006 NIP.197308172007102001
ii

Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Allah yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga kita, keluarga besar kelas VIII MTsN 2 Kota Kediri dapat melaksanakan SKAL 2015 dengan lancar. Dan tak lupa sholawat serta salam yang senantiasa kami curahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang kita nantikan syafaatnya di hari akhir.
Laporan ini berisi tentang perjalanan kami dari berangkat SKAL sampai kembali lagi ke madrasah. Banyak cerita tentang kegembiraan kami saat mengunjungi objek wisata. Kita juga mendapat banyak informasi tentang objek wisata tersebut.
Terima kasih kami haturkan kepada Allah SWT yang telah memberi kelancaraan pada saat pelaksanaan SKAL. Terima kasih kepada orang tua kami yang senantiasa mendukung dan mendoakan kami. Dan tidak lupa, terima kasih kepada bapak- ibu guru yang telah mendampingi kami selama SKAL berlangsung.
Melalui SKAL kali ini, kami berharap dapat menambah wawasan kami dengan mengunjungi beberapa objek wisata di Jawa Tengah. Dan kami berharap dengan adanya laporan ini, pembaca tertarik dengan objek wisata yang kita kunjungi. Saran kami tentang SKAL tahun ini adalah, musik yang ada di dalam bus lebih islami, objek wisata lebih diperbanyak.
Kediri, 29 Januari 2016
Penulis

iii
Daftar Isi
Halaman judul...................................................................................... i
Halaman pengesahan............................................................................ ii
Kata pengantar....................................................................................... iii
Daftar isi................................................................................................. iv
Bab I Pendahuluan.................................................................................. 1
1)      Latar belakang.............................................................................. 1
2)      Tujuan Penulisan.......................................................................... 1
3)      Teknik Pengumpulan Data............................................................ 2
4)      Manfaat Penulisan.................................................................. ....... 2
Bab II Isi.................................................................................................... 3
1)      Lingkungan MTsN 2 Kota Kediri.......................................... 3
2)      Rumah Makan Kurnia Jawa Timur....................................... 3
3)      Masjid Agung Semarang....................................................... 4
4)      Lawang Sewu......................................................................... 5
5)      Rumah Makan Sedep............................................................. 5
6)      Museum Kereta Api Ambarawa............................................ 6
7)      Rumah Makan Baledono....................................................... 6
8)      Kampus UGM....................................................................... 7
9)      Hotel Surya Citra................................................................... 7
iv
10)  Benteng Vredenburg.......................................................... 8
11)  Taman Pintar...................................................................... 9
12)  Keraton Yogyakarta............................................................ 10
13)  Jalan Malioboro................................................................... 11
14)  Bakpia Djava....................................................................... 12
15)  Rumah Makan Taman Sari.................................................. 12
16)  Perjalanan Menuju Madrasah.............................................. 13
BAB III Kesimpulan dan Saran........................................................ 14
1)      Kesimpulan............................................................................ 14
2)      Saran....................................................................................... 14
Lampiran Foto..................................................................................... 15
Biodata Penulis..................................................................................... 16

v
BAB I
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Study Kenal Alam dan Lingkungan (SKAL) ini merupakan agenda rutin setiap tahun. Agenda ini dilakukan untuk meningkatkan wawasan siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Kediri mengenai tempat- tempat wisata yang memiliki sejarah yang patut untuk dijadikan pelajaran di daerah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. SKAL ini dilakukan untuk menyegarkan pikiran siswa kelas VIII yang baru saja melakukan Ujian Akhir Semester 1.
1.2 Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui sejarah dan informasi tentang objek wisata yang dikunjungi.
2.      Memperkenalkan objek wisata yang ada di Jawa Tengah dan sekitarnya.
3.      Untuk mengenal lebih dalam tentang lingkungan sekitar.
4.      Menambah rasa cinta tanah air.
5.      Untuk menambah pengalaman.

1.3 Teknik Pengumpulan Data
Data- data dalam laporan ini diperoleh melalui pengamatan secara langsung ( observasi) pada objek wisata di Jawa Tengah dan Yogyakarta.
1.4 Manfaat Penulisan
a)      Untuk melengkapi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia.
b)      Untuk meningkatkan tanggung jawab dalam mengerjakan tugas Bahasa Indonesia.
c)      Untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang objek wisata di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

BAB II
Isi
2.1 Halaman MTsN 2 Kediri
Pada tanggal 9 Desember 2015 sekitar pukul 17.00 WIB kami berkumpul di madrasah. Di madrasah kami berkumpul di depan kelas sesuai dengan bus masing- masing. Kami berkumpul di madrasah untuk sholat maghrib dan isya’ jama’ taqdim qhasar. Setelah sholat maghrib dan isya’ kami diberi sedikit pesan oleh bapak waka kesiswaan dan kepala sekolah. Setelah diberi sedikit pesan kami segera membereskan barang- barang kami untuk bersiap- siap untuk masuk ke bus masing- masing. Cukup lama kami menunggu giliran untuk masuk ke bus. Setelah menunggu cukup lama, akhirnya kami masuk ke bus. Di dalam bus kami segera mencari tempat duduk kami. Sebelum berangkat, Pak Damanhuri memimpin do’a untuk kelancaran kegiatan kami.
2.2 Rumah Makan Kurnia Jawa Timur
Pada sekitar pukul 21.30 WIB, kami sampai di RM. Kurnia Jawa Timur untuk makan malam. Beberapa dari kami enggan untuk turun karena mengantuk, namun mau tidak mau mereka harus tetap turun dan makan. Menu masakan yang ada di sana lumayan beragam, namun banyak dari kami yang hanya mengambil sayur sop dan ayam bakar pedas. Setelah selesai makan, kami segera melanjutkan perjalanan kami menuju Masjid Agung Semarang.
Butuh waktu yang lumayan lama untuk kami tiba di Masjid Agung Semarang.
2.3 Masjid Agung Semarang
Sekitar pukul 03.30 WIB kami tiba di Masjid Agung Semarang. Di sana kami langsung mandi kemudian melaksanakan sholat shubuh berjamaah. Setelah sholat shubuh, kami sarapan dengan bekal yang dibawa dari sekolah. Kemudian kami menaiki menara Masjid Agung Semarang. Masjid Agung Semarang memiliki menara yang tingginya mencapai 99 meter. Menara ini disebut Menara Asmaul Husna. Menara ini memiliki 19 lantai. Di lantai 19 terdapat menara pandang yang dilengkapi dengan 5 teropong. Disini kita bisa melihat indahnya Kota Semarang dari ketinggian. Di lantai 3 terdapat museum koleksi- koleksi yang bercerita tentang budaya- budaya pesantren yang ada di Jawa Tengah. Sedangkan pada lantai 2 museum tentang perkembangan Islam di Jawa Tengah. Masjid Agung Semarang memiliki wilayah yang sangat luas. Masjid ini dibangun diatas tanah dengan luas area 10 hektar. Masjid Agung Semarang memiliki keindahan dan kemegahan yang sangat cantik. Masjid ini juga dilengkapi dengan 6 payung raksasa yang bis membuka secara otomatis. Selain itu, Masjid Agung Semarang juga memiliki Al- Qur’an dan bedug raksasa. Setelah puas berkeliling kami kembali ke bus untuk melanjutkan perjalanan.

2.4 Lawang Sewu
Lawang Sewu adalah tempat wisata kedua yang kami kunjungi. Di sana kami dapat melihat langsung bagaimana bangunan yang bersejarah itu. Jika diperhatikan jumlah pintu di bangunan tersebut kira- kira kurang dari 1.000 pintu. Dulunya, bangunan ini adalah tempat tinggal bagi bangsawan Belanda. Tetapi, sekarang bangunan tersebut sudah berubah fungsi menjadi museum. Di dalam museum tersebut kami dapat mengetahui secara detail bagaimana bangunan tersebut berdiri dan para tokoh- tokohnya.
2.5 Rumah Makan Sedep
Setelah dari lokasi Lawang Sewu, kami bergegas menuju RM. Sedep untuk makan siang. Di RM. Sedep, kami disediakan menu yang berbagai macam, seperti ayam tepung, sop, mie, buah-buahan untuk pencuci mulut, dan es teh. Ketika kami sampai disana semua orang sudah mengantri untuk mengambil makanan jadi kami istirahat dulu sambil menunggu antrian sedikit reda. Makanan disana cukup enak rasanya. Kami makan sangat lahap dengan teman-teman yang lain. Kami sangat menikmati makanan yang ada disana. Setelah makan, kami juga menunaikan sholat dhuhur.

2.6 Museum Kereta Api Ambarawa
Kami sampai di museum kereta api Ambarawa sekitar pukul 13.00. Museum kereta api Ambarawa terletak di daerah pegunungan Ambarawa, Jawa Tengah. Museum kereta api Ambarawa dibangun diatas tanah yang luas. Museum ini dulu dipakai sebagai stasiun kereta api. Namun, sekarang telah dialih fungsikan menjadi museum kereta api. Pemandangan yang ada di sana juga sangat indah. Museum kereta api Ambarawa juga memiliki beberapa koleksi kereta api uap. Kereta api dan fasilitasnyapun juga masih terjaga keasliannya. Pengunjung juga bisa menaiki kereta api yang ada di sana. Setelah selesai melihat dan menggali informasi seputar kereta api kami bergegas kembali ke bus dan melanjutkan perjalanan.
2.7 Rumah Makan Baledono
Sebelum menuju lokasi wisata selanjutnya, kami makan terlebih dahulu di Rumah Makan Baledono. Saat kami tiba, di sana sedang diguyur hujan dan cuaca sangat dingin. Sehingga setelah keluar dari bus kami segera berlari masuk ke rumah makan. Di sana terdapat beberapa menu yang disediakan, seperti ayam bakar, sop, dan teh hangat. Namun, saat di Rumah Makan Baledono nasinya seperti belum matang jadi kami tidak bisa menikmati makanan yang disedikan disana. Setelah selesai makan kami bergegas masuk ke bus untuk melanjutkan perjalanan.

2.8 Universitas Gajah Mada
Maghrib kita sampai di UGM dan saat itu cuaca sedang hujan gerimis, namun kami tetap semangat untuk sholat di masjid UGM. Setelah sholat kami kembali ke bus dan saat tiba di bus ada kakak alumni yang kuliah di UGM dan bercerita seputar Kampus UGM. Setelah selesai bercerita tentang Kampus UGM. Kakak itu juga bercerita tentang jurusan-jurusan yang ada di UGM, dia juga bercerita bahwa telah memilih jurusan Bahasa Perancis, dan menjelaskan sedikit tentang Bahasa Perancis yang sudah dia pelajari. Selesai di UGM kami melanjutkan perjalanan ke hotel untuk istirahat.
2. 9 Hotel Surya Citra
Sesampainya di hotel salah satu dari kami mengambil kunci kamar di costumer service. Kami segera masuk ke kamar masing- masing. Kamar laki- laki berada di sebelah barat customer service, sedangkan kamar perempuan ada di atas customer service. Di kamar hotel terdapat beberapa fasilitas, seperti ruang berAC, 3 tempat tidur, meja rias, TV, dan kamar mandi. Di kamar mandi terdapat shower yang bisa air dingin dan air panas. Karena kami sampai di hotel belum terlalu malam, banyak dari kami yang keluar kamar untuk membeli makanan. Tempat penjual makanan itu berada di bawah kamar perempuan, sehingga kami tidak perlu jauh- jauh untuk mencari makanan. Setelah selesai makan, kami segera tidur agar tidak kesiangan.
Tapi, sebelum tidur kami terlebih dahulu bersenda gurau sampai-sampai salah satu dari kami marah karena dia sudah mengantuk dan ingin tidur. Paginya, kami segera mandi dan sholat shubuh. Setelah selesai mandi kami bergegas ke ruang makan untuk sarapan pagi. Setelah selesai sarapan, kami segera naik ke bus untuk melanjutkan perjalanan.
2.10 Benteng Vredenburg
Saat kami masuk Benteng Vredenburg, kami melihat tugu yang berada di tengah halaman benteng. Kami juga bisa melihat miniatur Benteng Vredenburg dan bebrerapa meriam yang ada di halaman benteng. Ada juga beberapa patung orang Belanda lengkap dengan seragamnya dan orang Indonesia yang membawa bambu runcing. Karena pemandu yang ada disana hanya 2 jadi kami semua dibagi menjadi 2 kloter dan kami ikut kloter 2. Di kloter 2 kami langsung masuk ke diorama 2 karena diorama 1 sudah penuh dengan kloter 1. Di diorama 2 terdapat patung Ibu Fatmawati yang sedang menjahit bendera pusaka yang akan dipakai untuk upacara kemerdekaan. Di diorama selanjutnya terdapat miniatur-miniatur yang menunjukan Bangsa Indonesia melawan penjajah dari awal perang sampai hari kemerdekaan. Juga terdapat proses yang dijalani rakyat Indonesia untuk menyiapkan strategi yang akan digunakan untuk melawan penjajah.

Disana juga ada seragam yang dipakai tentara Indonesia saat perang, ada juga teknik perang yang digunakan Indonesia untuk melawan penjajah, ada juga ruang yang didalamnya terdapat patung yang menunjukan bahwa mereka sedang melawan penjajah yang sedang menyerang Indonesia.
Namun, disana tidak diperbolehkan memotret. Setelah keluar dari diorama- diorama kami diperlihatkan sedikit tentang sejarah Indoensia di bioskop mini di Benteng Vredenburg. Seleseai malihat bioskop kami melanjutkan perjalanan ke Taman Pintar.
2.11 Taman Pintar
Sebelum masuk di Taman Pintar kami harus mengantri agar bisa mengambil tiket masuk ke Taman Pintar.Di dalam Taman Pintar kami dapat melihat galeri para presiden dan tokoh para pejuang Indonesia. Dan selanjutnya disambut dengan ikan-ikan yang berada di sebuah akuarium yang berbentuk terowongan. Di akuarium itu terdapat beberapa jenis ikan dengan berbagai ukuran. Ada ikan-ikan besar dan kecil. Kami sangat senang masuk terowongan itu seperti kami berada dalam akuarium itu. Setelah itu, kami melihat penemuan-penemuan sains yang ada di Taman Pintar. Diantaranya adalah penemuan fisika, kimia,biologi, sejarah, dan masih banyak lagi.

2.12 Keraton Yogyakarta
Setelah perjalanan dari Taman Pintar, kami menuju ke lokasi selanjutnya yaitu Keraton Yogyakarta dengan menaiki becak. Perjalanan menuju Keraton Yogyakarta sangat menyenangkan. Setelah sampai kami bergegas memasuki Keraton Yogyakarta. Namun sebelum memasuki Keraton, kami diberitahu bahwa jika ingin berfoto di daerah Keraton kami harus membayar Rp 1000. Di dalam Keraton kami melihat budaya yang sedang dilangsungkan disana, yaitu persiapa untuk memperingati hari maulid nabi Muhammad SAW yang sudah disiapkan oleh abdi dalem. Disana kami juga dipandu oleh abdi dalem tentang sejarah yang ada di dalam sana. Keraton ini didirikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1755. Di museum Keraton kami melihat berbagai benda peninggalan sultan, antara lain replika pusaka Keraton, gamelan, lukisan- lukisan, dan barang pemberian raja- raja Eropa. Namun, tidak semua komplek keraton kami kunjungi, karena tidak dibuka untuk umum. Di koplek keraton juga terdapat 62 pohon beringin yang merupakan simbol usia Nabi Muhammad SAW. Apabila pohon beringin mati atau ditebang makan abdi dalem akan menanamnya kembali juga terdapat pohon keben yang merupakan pohon tua yang tersisa yang terpelihara dari masa ke masa, bila pohon keben mati atau ditebang maka abdi dalem akan menanam biji pohon keben. Terdapat lonceng yang berbunyi pada waktunya. Didirikan 64 tugu yang pembuatannya perpaduan Hindu, Budha, dan Islam. Setelah itu kami melanjutkan perjalan menuju lokasi selanjutnya.
2.13 Malioboro
Wisata yang kami kunjungi selanjutnya adalah Maliboro. Kami berjalan dari Keraton Yogyakarta menuju Malioboro. Kami tiba di Malioboro pada siang hari, sekitar pukul 12.30 WIB. Di sana banyak terdapat oleh- oleh khas Yogyakarta. Sebagian dari kami ada yang berbelanja namun ada juga beberapa yang hanya duduk di bawah pohon dekat jalan raya. Barang- barang yang dijual di Malioboro harganya sangat terjangkau. Kami terus berbelanja di Malioboro hingga tak terasa kami sudah harus kembali ke bus untuk melanjutkan perjalanan. Sebenarnya, letak Malioboro dengan Benteng Vredenburg itu dekat karena Benteng Vredenburg berada di Malioboro. Namun, karena kami datang ke Benteng Vredenburg masih pagi dan pedagang- pedangang yang berjualan di Malioboro belum ada yang buka, akhrinya kami menuju Taman Pinta lalu ke Keraton Yogyakarta sampai setelah sholat Jum’at. Barulah, setelah sholat Jum’at kami menuju Malioboro.
2.14 Bakpia Djava
Kami sampai di Bakpia Djava sekitar pukul 16.00 WIB. Setibanya di sana kami langsung turun dari bus dan menunaikan sholat terlebih dahulu. Namun, karena musholanya kecil, akhirnya sebagian dari kami sholat dan yang lainnya membeli oleh- oleh dahulu. Setelah mushola sepi, barulah kami sholat dhuhur dan ashar jama’ takhir. Di Bakpia Djava, kami tidak hanya membeli bakpia, namun juga oleh- oleh lainnya.
Bakpia Djava juga menyediakan berbagai rasa bakpia. Ada bakpia rasa coklat, keju, kacang hijau, dan masih banyak lagi. Kami berada di Bakpia Djava cukup lama hingga hampir menjelang senja hari. Namun, kami tidak bisa keluar masuk bus karena keadaan di luar sedang hujan deras.
2.15 Rumah Makan Taman Sari
Kami tiba di Rumah Makan Taman Sari pada malam hari. Saat tiba di rumah makan tersebut kami langsung berbaris untuk mengantri mengambil makanan. Menu yang disediakan tidak jauh berbeda dengan menu di rumah makan sebeblumnya, yaitu sayur sop. Beberapa dari kami mengambil makanan cukup sedikit, namun ada juga yang mengambil dengan porsi normal. Di sana kami tidak hanya makan malam, tetapi juga sholat maghrib dan isya’ jama’ takhir. Mushola yang ada di sana juga tidak jauh berbeda dengan mushola di Bakpia Djava. Namun, di Bakpia Djava masih nyaman untuk kami sholat karena tempat wudhu yang disediakan cukup untuk kami, sedangkan di Rumah Makan Taman Sari tempat wudhu yang di sediakan hanya dua kran saja, yang lainnya harus mengantri di kamar mandi. Cukup lama kami di sini karena harus mengantri sholat di mushola. Setelah semua siswa sholat barulah kami melanjutkan perjalan menuju madrasah.

2.16 Perjalanan Pulang
Setelah dari Rumah Makan Taman Sari, kami segera melanjutkan perjalanan ke madrasah. Kami meninggalkan rumah makan tersebut sekitar pukul 21.00 WIB. Butuh waktu yang cukup lama untuk kami sampai di madrasah. Kami tiba di madrasah sekitar pukul 03.00 WIB, kami tidak turun di depan madrasah, melainkan di depan Lapangan Ngronggo. Di sana kami sudah disambut oleh orangtua yang menjemput kita. Setelah turun dari bus, kami segera mengambil tas yang berada di bagasi bus.

BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
3.1 Kesimpulan
Kesimpulan yang kita dapat dari SKAL kali ini adalah :
1)      Kita dapat menambah wawasan kita tentang objek wisata yang kami kunjungi.
2)      Objek yang ada di Jawa Tengah sangat bagus dan menarik.
3)      Belajar dapat kita lakukan di mana saja.
3.2 Saran
Kami dalam laporan ini menyarankan:
1)      Sebaiknya, jika beribadah mencari tempat yang luas, seperti masjid. Jangan beribadah di musholla milik tempat makan.
2)      Sebaiknya, setiap tempat wisata yang akan dikunjungi disediakan pemandu untuk setiap rombongan bis.
3)      Sebaiknya, objek yang kami kunjungi semakin banyak. Agar wawasan yang kami dapat semakin banyak.
4)      Sebaiknya, tempat makan yang akan dikunjungi harus terjaga kebersihan dan kehigienisan makanan.
5)      Sebaiknya, dalam melaksanakan SKAL waktu lebih diperhatikan.

Biodata
TTL : Kediri, 30 April 2002
Alamat : Jalan Pinang I/15 Blabak Kec.Pesantren
Cita- cita : PNS dan Pengusaha
Kata motivasi : Sukses di dunia belum tentu sukses di akhirat

5.      Nama : Ulfa Nirmala P
TTL : Kediri, 31 Januari 2002
Alamat : Perum Jenggolo Indah II A/04
Cita- cita : Sejarawan
Kata motivasi : Be Yourself!
7.      Nama : Ziana Walidah T
TTL : Nganjuk, 4 September 2001
Alamat : Jalan Mayjen Jenderal Soepeno, Berbek, Nganjuk
Cita- cita : Pengusaha dan Dosen
Kata motivasi : Jangan jadikan malas sebagai alasan untuk tidak mengerjakan sesuatu. Karena malas adalah awal dari kegagalan