Monday, August 15, 2016

Penjelasan tentang pencemaran

  1. pencemaran adalah suatu proses, cara, atau perbuatan yang dilakukan dengan jalan mencemari atau mencemarkan lingungan di sekitar sebagai habitat kehidupan makhluk hidup dengan bahan olutan (pencemar). Pencemaran disebut juga polusi.
  2. pencemaran air adalah pencemaran yang banyak terjadi di daerah - daerah sekitar kawasan industri. Umumnya dikarenakan limbah cair yang berasal dari pabrik, seperti industri tekstil yang benyak sekali mengandung unsur-unsur logam berat, seperti merkuri dan timbal. Pencemaran air dapat mengganggu kestabilan lingkungan perairan sehingga mahkluk hidup yang ada di sekitar sungai akan mati teracuni. Pencemaran ini bertambah parah oleh limbah yang dibuang dari penduduk (limbah rumah tangga), seperti sampah dan limbah MCK (mandi cuci kakus).
  3. pencemaran tanah adalah pencemaran yang dapat terjadi sebagai akibat pembuangan sampah limbah rumah tangga, limbah pabrik, sisa oli dari bengkel kendaraan, dan pemakaian pupuk kimia secara berlebihan. Akibat tindakan - tindakan manusia yang ceroboh tersebut maka tanah akan teracuni dan kehilangan tingkat kesuburannya.
  4. pencemaran udara adalah pencemaran yang terjadi karena asap yang berasal dari pabrik maupun gas pembuangan kendaraan bermotor. Pencemar udara adalah gas-gas yang mengandung karbon monoksida, karbondiokasida, nitrat, sianida, dan sulfat. Salah satu akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran udara adalah terjadinya hujan asam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penjelasan tentang pencemaran

0 comments:

Post a Comment