FORMAT TRAINING NEEDS ASESSMENT
UNTUK GURU/ KEPALA SEKOLAH/PENGAWAS
SEKOLAH (INDIVIDUAL)
Nama
:
Besar
Sampel
:
Lokasi
:
Tanggal
Pengisian :
NO
|
Kompetensi*
|
Tingkat
Pengusaan Materi (%)
|
||||||||||
0
|
10
|
20
|
30
|
40
|
50
|
60
|
70
|
80
|
90
|
100
|
||
1
|
||||||||||||
2
|
||||||||||||
3
|
||||||||||||
4
|
||||||||||||
5
|
||||||||||||
6
|
||||||||||||
7
|
||||||||||||
8
|
||||||||||||
9
|
||||||||||||
10
|
||||||||||||
11
|
||||||||||||
12
|
`
|
|||||||||||
13
|
||||||||||||
14
|
Keterangan:
· Sesuai
dengan subkompetensi dalam Permendiknas 16, 13 dan 12 atau Peraturan
Menteri terbaru serta petunjuk teknis yang dikeluarkan oleh Dirjen terkait
……………..,tanggal......................
Guru/Kepala
Sekolah/Pengawas Sekolah Ybs.
(.................................)
B.
Pengumpulan Data
Pengisian
instrument dilakukan dengan cara memberikan tanda cek/check list (v) pada kolom
tingkat penguasaan materi (%) masing-masing subkompetensi. Langkah kerja
selanjutnya adalah sebagai berikut:
1.
Semua
anggota kelompok kerja berkumpul, tujuannya adalah untuk mengetahui tentang
permasalahan yang terjadi pada kelompok kerja dan ingin mengetahui mengapa TNA
diperlukan.
2.
Bagikan
lembar instrumen Format TNA 01 kepada masing-masing anggota kelompok kerja.
3.
Lakukan
pengisian instrumen dengan cara memberikan tanda cek/ check list (V) terhadap
prediksi tingkat penguasaan materi pada setiap subkompetensi guru/kepala
sekolah/ pangawas sekolah sesuai dengan standar kompetensi guru (Permendikas
nomor 16 tahun 2007), kepala sekolah (Permendikas Nomor 13 Tahun 2007) dan
pengawas sekolah (Permendiknas Nomor 12 tahun 2007). Instrumen harus
diisi secara jujur dan obyektif.
4.
Lakukan
review terhadap pengisian instrumen minimal oleh 1 (satu) anggota lain yang
masih termasuk dalam anggota kelompok kerja tersebut.
5.
Lakukan
survei terhadap beberapa sampel hasil pengisian instrumen untuk memastikan
bahwa semua anggota mempunyai pemahaman yang sama terhadap tingkat penguasaan
materi kompetensi.
6. Kumpulkan
semua instrumen FORMAT TNA 01.
C.
Pengolahan, Analisis, dan Interpretasi Data
Pengolahan,
analisis dan interpretasi data dilakukan melalui langkah kerja berikut:
1.
Kumpulkan
semua instrumen yang telah diisi.
2.
Lakukan
rekapitulasi penilaian (assessment) terhadap semua data hasil Training
Need Assesment guru/kepala sekolah/ pengawas sekolah menjadi TNA (Training
Need Analysis) seperti yang tercantum dalam Format TNA 01,02 dan 03.
3.
Hitunglah
nilai total dan rata-ratanya.
1.
Lakukan
klasifikasi nilai setiap sub kompetensi guru/kepala sekolah/pengawas sekolah
dengan interpretasi katagori data sebagai berikut:
No
|
Kategori Mata Diklat
|
% Rata-Rata Penguasaan Peserta
|
1
|
Must
Know : Harus Diketahui
|
0 – 40
|
2
|
Should
Know : Sebaiknya Diketahui
|
41 – 79
|
3
|
Nice
to Know : Ada Baiknya Diketahui
|
80 – 100
|
Contoh
hasil pengumpulan data, pengolahan data, analisis data dan interpretasi data.
Format: TNA 01
Contoh hasil pengisian instrumen
FORMAT TRAINING NEEDS ASESSMENT
UNTUK GURU (INDIVIDUAL)
Nama
Guru
: Doremi
Nomor
Sampel : 12
Lokasi
: KKG Kuntum Mekar
Tanggal
Pengisian : 22 Juni 2010
No
|
Kompetensi
Guru
|
Tingkat
Penguasaan Materi (%)
|
||||||||||
0
|
10
|
20
|
30
|
40
|
50
|
60
|
70
|
80
|
90
|
100
|
||
1
|
Menguasai
Karakteristik peserta didik
|
√
|
||||||||||
2
|
Menguasai
teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
|
√
|
||||||||||
3
|
Pengembangan
kurikulum
|
√
|
||||||||||
4
|
Kegiatan
pembelajaran yang mendidik
|
√
|
||||||||||
5
|
Pengembangan potensi
peserta didik
|
√
|
||||||||||
6
|
Komunikasi
dengan peserta didik
|
√
|
||||||||||
7
|
Penilaian dan
evaluasi
|
√
|
||||||||||
8
|
Bertindak
sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional
|
√
|
||||||||||
9
|
Menunjukkan
pribadi yang dewasa dan teladan
|
√
|
||||||||||
10
|
Etos kerja,
tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru
|
√
|
||||||||||
11
|
Bersikap
inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif
|
V
|
||||||||||
12
|
Komunikasi
dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik dan
masyarakat
|
V
|
||||||||||
13
|
Penguasaan
materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata
pelajaran yang diampu
|
v
|
||||||||||
14
|
Meningkatkan
keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif
|
v
|
............,
tanggal:.....................
Guru Ybs.
(.........................................)
depo pulsa terbaru
ReplyDeletePengisian instrument dilakukan dengan cara memberikan tanda cek/check list