Thursday, September 8, 2016

Makna Kesetaraan Manusia

Makna Kesetaraan Manusia

Kesetaraan berasal dari kata setara atau sederajat. Jadi, kesetaraan juga dapat disebut kesederajatan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sederajat artinya sama tingkatan (kedudukan. Pangkat). Dengan demikian, kesetaraan menunjukkan adanya tingkatan yang sama, kedudukan yang sama, tidak lebih tinggi atau tidak lebih rendah antara satu sama lain.

Kesetaraan manusia bermakna bahwa manusia sebagai makhluk tuhan mempunyai tingkat atau kedudukan yang sama. Yang membedakan nantinya adalah tingkat ketakwaan manusia terhadap tuhanya.
Persamaan kedudukan atau tingakatan manusia ini berimplikasi pada adanya pengakuan akan kesetaraan atau kesederajatan manusia. Jadi, kesetaraan dan kesederajatan tidak sekedar bermakna adanya persamaan kedudukan manusia. Kesederajatan adalah suatu sikap mengakui adanya persamaan derajat, persamaan hak, dan persamaan kewajibansebagai sesama manusia. Implikasi selanjutnya adalah perlunya jaminan akan hak-hak itu agar setiap manusia bisa merealisasikannya serta perlunya merumuskan sejumlah kewajiban-kewajiban agar semua bisa melaksanakan agar tercipta tertib kehidupan.

Berkaitan dengan dua konsep diatas, maka dalam keragaman diperlukan adanya kesetaraan atau kesederajatan. Artinya, meskipun individu maupaun masyarakat adalah beragam dan berbeda-beda, tetapi memiliki dan diakui kedudukan, hak-hak dan kewajiban yang sama baik dalam kehidupan pribadi maupun bermasyarakat. Terlebih dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Makna Kesetaraan Manusia

0 comments:

Post a Comment