COURSE OUTLINE MATA KULIAH IAD
PRODI PAI JURUSAN TARBIYAH STAIN KEDIRI
SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIK 2015/2016
I. INFORMASI UMUM
Mata Kuliah : Ilmu Alamiah Dasar (IAD)
Kode Mata Kuliah : STA 105.1
Jurusan/Prodi : Tarbiyah/PAI
Jenjang : Strata 1
Bobot : 2 Sks
Nama dosen : Ahmad Syamsudin, M.Kom
Hp : 085649945563
email : syamsudin@stainkediri.ac.id
II. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata Kuliah IAD merupakan komponen mata kuliah dasar dan bagian dari kelompok MKK pada Jurusan Syariah STAIN Kediri yang merupakan kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli berdasarkan dasar ilmu dan keterampilan yang dikuasai. Mata kuliah IAD ini tidak hanya beorientasi untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa, akan tetapi lebih dari itu memberikan ketrampilan untuk berkarya dan bertindak cerdas sesuai dengan ruang lingkup mata kuliah ini.
Mata kuliah IAD ini membahas tentang Ruang lingkup IAD, dasar, sumber dan fungsi Ilmu Pengetahuan, Metode Ilmiah dan perkembangan Ilmu Alam, Penciptaan Alam Semesta dan Isinya, Perkembangan Pola Pikir Manusia, Manusia dan Lingkungannya, Teori Evolusi, Perkembangan Ilmu Biologi, Kimia dan Fisika, Rekayasa Genetika di Abad Modern, Tekhnologi dan Masalah Lingkungan Hidup, relasi sains dan agama, serta Islamisasi Ilmu Pengetahuan.
Mata Kuliah IAD ini dipelajari dan harus diprogram sebagai mata kuliah semester I oleh Mahasiswa Jurusan Syariah STAIN Kediri. Arti penting mata kuliah ini bagi mahasiswa PAI adalah untuk memberikan dasar keahlian konseptual dan operasional mengenai klasifikasi ilmu pengetahuan, khususnya perkembangan ilmu kealaman dan berikutnya mampu memahami relasi sains dan agama. Dengan dasar pengetahuan tersebut mahasiswa diharapkan memiliki kepedulian terhadap kondisi alam dan manusia.
III. KOMPETENSI MATA KULIAH
- Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dasar Ilmu Alam
- Mahasiswa mampu memahami relasi antara sains dan agama, serta menempatkan keduanya secara objektif dan harmonis
- Mahasiswa peduli dan bersikap terampil dalam menyikapi efek sains dan teknologi dalam kehidupan alam dan manusia.
IV. INDIKATOR
- Mahasiswa dapat menjelaskan berbagai konsep Ilmu Alam secara lisan dan tertulis
- Mahasiswa dapat menganalisis relasi sains dan agama dalam perspektif ilmiah
- Mahasiswa dapat menerapkan pengetahuannya dalam menyikapi perubahan alam dan manusia sebagai efek dari sains dan tekhnologi.
V. TOPIK PERKULIAHAN
- Pengertian & Ruang lingkup IAD.
- Pembahasan tentang dasar, sumber dan fungsi ilmu pengetahuan
- Pembahasan tentang proses perkembangan pola pikir manusia
- Pembahasan tentang metode ilmiah dan perkembangan ilmu alam
- Pembahasan tentang penciptaan alam semesta dan isinya
- Perkembangan ilmu biologi ditinjau dari ilmu pengetahuan modern maupun Islam
- Perkembangan fisika dan kimia ditinjau dari ilmu pengetahuan modern maupun Islam
- Pembahasan tentang teori evolusi dan rekayasa reproduksi
- Pembahasan tentang manusia, teknologi dan lingkungan hidup serta upaya penanggulangan masalahnya
- Rahasia kemajuan barat dalam bidang sains dan teknologi
- Peran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan manusia
- Pembahasan tentang relasi sains dan agama
- Pembahasan tentang Islamisasi Ilmu Pengetahuan
VII. SUMBER DAN BAHAN BELAJAR
- Abdullah Ali & Eny Rahma, Ilmu Alamiah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
- Ali Anwar Yusuf., Islam dan Sains Modern: Sentuhan Islam terhadap berbagai disiplin Ilmu., Bandung: Pustaka Setia 2006
- Amiruddin Hatibe, Ilmu Alamiah Dasar, Yogyakarta: SUKA Press, 2012
- Amsal Bahtiar, Filsafat Ilmu, Jakarta; Raja Grafindo Persada, 2013
- Hamdani, Filsafat Sains., Bandung; Pustaka Setia, 2011.
- Ibnu Mas’ud, dkk., Ilmu Alamiah Dasar, Bandung: Pustaka Setia, 1998
- Jujun S. Suriasumantri, Ilmu dalam Perspektif;sebuah kumpulan tentang hakekat ilmu, Jakarta: YOI, 1995
- Maskoeri Jasin, Ilmu Alamiah Dasar, Jakarta: Rajawali Press, 2000
- Mawardi- Nur Hidayati. IAD,ISD,IBD untuk IAIN,STAIN, PTAIS., Bandung; Pustaka Setia, 2000
- Mohammad Adib, Filsafat Ilmu, Yogyakarta; Pustaka Pelajar 2011
- Sirajuddin Zar., Konsep Penciptaan Alam dalam Pemikiran Islam, Sains dan Al Quran., Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1997
- Jacob Ms, dkk. Evolusi Manusia dan konsepsi Islam., Bandung; Risalah, 1984
- Thomas S. Kuhn, The Structure of Scientific Revolutions; Peran Paradigma dalam Revolusi Sains, Bandung: Remaja Karya Offset, 2008
- Ach. Maimun Syamsudin, Integrasi multidimensi, Agama dan Sains; Jogjakarta: IRCiSoD, 2012.
- Zainal Habib, Islamisasi Sains. Malang: UIN Malang Press, 2007.
VOL POKOK BAHASAN REFERENSI
I. Kontrak Belajar
- Pengertian & Ruang lingkup IAD
- Presentasi dan Diskusi
- Amsal Bakhtiar, Filsafat Ilmu
- Jujun S. Suriasumantri, Ilmu dalam Perspektif
- Mohammad Adib, Filsafat Ilmu
- Abdullah Ali, Ilmu Alamiah Dasar
- Ibnu Mas’ud, dkk., Ilmu Alamiah Dasar
- Maskoeri Jasin, Ilmu Alamiah Dasar
- Hamdani, filsafat sains
- Ibnu Mas’ud, dkk., Ilmu Alamiah Dasar
- Amiruddin Hatibe, Ilmu Alamiah Dasar
- Maskoeri Jasin, Ilmu Alamiah Dasar
- Ibnu Mas’ud, dkk., Ilmu Alamiah Dasar
- Sirajudin Zar, Konsep penciptaan Alam dalam pemikiran Islam, Sains dan Al Qur’an
- Maskoeri Jasin, Ilmu Alamiah Dasar
- Ibnu Mas’ud, dkk., Ilmu Alamiah Dasar
- Maskoeri Jasin, Ilmu Alamiah Dasar
- Abdullah Ali, Ilmu Alamiah Dasar
- Ibnu Mas’ud, dkk., Ilmu Alamiah Dasar
- Amiruddin Hatibe, Ilmu Alamiah Dasar
- Maskoeri Jasin, Ilmu Alamiah Dasar
VIII UTS
IX Pembahasan tentang teori evolusi dan rekayasa reproduksi
- Abdullah Ali, Ilmu Alamiah Dasar
- Ibnu Mas’ud, dkk., Ilmu Alamiah Dasar
- Amiruddin Hatibe, Ilmu Alamiah Dasar
- Maskoeri Jasin, Ilmu Alamiah Dasar
X Pembahasan tentang manusia, teknologi dan lingkungan hidup serta upaya penanggulangan masalahnya
- Abdullah Ali, Ilmu Alamiah Dasar
- Ibnu Mas’ud, dkk., Ilmu Alamiah Dasar
- Amiruddin Hatibe, Ilmu Alamiah Dasar
- Maskoeri Jasin, Ilmu Alamiah Dasar
XI Rahasia kemajuan barat dalam bidang sains dan teknologi
- Mawardi, - Nur Hidayati, IAD, ISD, IBD untuk IAIN
- Thomas S. Kuhn, Peran Paradigma dalam Revolusi Sains
- Mawardi, - Nur Hidayati, IAD, ISD, IBD untuk IAIN
- Abdullah Ali, Ilmu Alamiah Dasar
- Ibnu Mas’ud, dkk., Ilmu Alamiah Dasar
- Maskoeri Jasin, Ilmu Alamiah Dasar
- Ach. Maimun Syamsudin, Integrasi multidimensi, Agama dan Sains; Jogjakarta: IRCiSoD, 2012.
XIV. Pembahasan tentang islamisasi ilmu pengetahuan
- Thomas S. Kuhn, Peran Paradigma dalam Revolusi Sains
- Habib, Zainal, Islamisasi Sains.
IX. STRATEGI PEMBELAJARAN
- Ceramah
- Inquiring Minds Want To Know
- Active Knowledge Sharing
- Learning Starts With A Question
- Group Resume
X. TUGAS DAN DESKRIPSI TUGAS
A. Tugas terstruktur
- Kelompok - Membuat makalah dalam kelompok kecil untuk presentasi di kelas dan revisi.
- Kelompok - Mengomentari journal artikel dari internet secara kelompok, dan diserahkan waktu UTS.
- Individual - Meringkas materi pembelajaran setiap kali pertemuan, kemudian disetor pada saat UTS (pertemuan 2 s.d. 7) dan UAS (pertemuan 9 s.d. 14).
- Individual - Membuat makalah individu/ mereview journal artikel sebagai Tugas Akhir (TA), dan diserahkan satu minggu sebelum UAS
B. Diskripsi Tugas Makalah
- Setiap mahasiswa/kelompok wajib membuat makalah sesuai dengan topik yang telah ditentukan sebagaimana berikut;
- Makalah diketik 1.5 spasi pada kertas A4 dengan ukuran left margin 4 cm, right margin 3 cm, top margin 4 cm, dan bottom margin 3 cm.
- Jumlah halaman makalah minimal 10 halaman (inti, belum termasuk halaman awal).
- Resume makalah digandakan sebanyak jumlah mahasiswa di kelas (satu hari sebelum dipresentasikan).
- Makalah harus dipresentasikan dengan menggunakan strategi yang melibatkan mahasiswa aktif (active learning).
- Makalah yang sudah dipresentasikan diperbaiki sesuai dengan saran, masukan dan kritik ketika diskusi dan menjadi tugas akhir mahasiswa.
- Sistematika makalah terdiri dari pendahuluan, pembahasan dan penutup, ditambah dengan halaman cover dan daftar isi serta daftar rujukan.
Tekhnik penilaian yang digunakan dalam kegiatan perkuliahan ini ada menggunakan
- Tes tulis , yang meliputi; uraian objektif, uraian bebas yang diujikan pada waktu UTS dan UAS
- Tes alternatif; kehadiran, keaktifan di kelas, akhlakul karimah
- Tes resitasi, yaitu produk (makalah) dengan rubric penilaian
- Skor pendahuluan = 10
- Skor pembahasan = 60
- Skor penutup = 20
- Skor daftar rujukan = 10 (minimal 5 buku)
- Skor maksimal = 100
Nilai akhir mahasiswa diperoleh dari nilai UTS, UAS, TUGAS dan PERFORMANCE dengan komposisi sebagai berikut;
- Nilai UTS = N.1 (20 %)
- Nilai UAS = N.2 (30 %)
- Resitasi = N.3 (25 %)
- Alternatif = N.4 (25 %)
- NMK = (NUTS x 20) + (NR x 25) + (NA x 25) + (NUAS x 30)
- Kriteria kelulusan minimal mata kuliah ini adalah 65,00
XII. SARAN
- Bacalah doa dan bulatkan niat sebelum memulai belajar
- Jadikanlah kejujuran, keikhlasan, kerja keras dan sikap pantang menyerah sebagai karakter dan etika akademik anda dalam berprilaku dan bertindak sehari-hari di kampus maupun di luar kampus, agar kelak bermanfaat bagi agama, nusa dan bangsa.
- Semoga anda sukses
Kediri, 03 Agustus 2015
Nama Dosen
Ahmad Syamsudin, M.Kom
0 comments:
Post a Comment