Wednesday, May 4, 2016

Hakikat perkembangan

NAMA   : A M 
NIM      :  932 
MAKUL : PERKEMBNGAN PESERTA DIDIK

Hakikat perkembangan 
Adalah  sebagai suatu proses yang bersifat progresif dan menyebabkan  tercapainya kemampuan dan karakteristik psikis yang baru. Perkembangan dapat dicapai karena adanya proses belajar dan proses belajar hanyalah mungkin berhasil bila jika ada kematangan. perkembangan adalah bertambahnya kemampuan (skill) dalm struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diramalkan, sebagai hasil dari proses kematangan. 

Hakikat pertumbuhan 
Adalah  proses perubahan fisiologis yang bersifat progresif dan kontinu yang berlangsung dalam periode tertentu. Pertumbuhan adalah perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah atau fisik dan menunjukan kepada suatu fungsi tertentu yang baru dari organisme atau individu. 

Hakikat kematangan 
Adalah merupakan suatu keadaan atau tahap pencapaian proses pertumbuhan atau perkembangan. Kematangan dapat berarti matangnya suatu sifat atau potensi fisik yang menjadi secara kodrat akibat proses pertumbuhan, kematangan juga dapat berarti matangnaya suatu fungsi atau potensi mental  psikologis akibat proses perkembangan karena pengalaman dan latihan.

Faktor-faktor perkembangan

1.Faktor turunan

  1. Bentuk tubuh dan warna kulit, gen dari orang tua akan mempengaruhi jasmani anaknya dan tidak bisa di ubah oleh teknologi secanggih apapun.
  2. Sifat-sifat, warisan dari orang tua sama halnya dengan bentuk tubuh dan warna kulit tidak bisa di ubah.
  3. Intelegensi, yaitu kemampuan uumum untuk penyesuaian terhadap situasi atau masalah. 
  4. Bakat, yaitu kemampuan khusus yang menonjol diantara berbagai jenis kemampuan yang dimiliki seseorang. Bakat dapat di ketahui dari tingkah laku anak atau dengan tes bakat.



2.Faktor lingkungan

  1. Keluarga, berpengaruh terhadap perkembangan rohaniah anak terutama kepribadian dan kemajuan pendidikannya. 
  2. Sekolah, menentukan pola pikir serta kepribadian anak.
  3. Masyarakat, turut mempengaruhi perkembangan jiwanya.
  4. Keadaan alam sekitar, keadaan alam yang berbeda akan berpengaruh terhadap perkembangan pola pikir atau kejiwaan anak dan tingkah laku anak. 


3.Beberapa pendapat para ahli tentang faktor yang mempenngaruhi perkembangan.


  1. Aliran nativisme, Arthur Scopenhauer berkeyakinan bahwa perkembangan manusia itu ditentukan oleh pembawaanya, sedangkan pengalaman dan pendidikan tidak berpengaruh.
  2. Aliran Empirisme, Jhon Locke menganggap setiap anak lahir seperti tabula rasa, dalam keadaan kosong, tak punya kemampuan dan bakat apa-apa. Hendak menjadi apa seorang anak kelak bergantung pada pengalaman atau lingkungan yan mendidiknya.
  3. Aliran Konvergensi, para penganut ini berkeyakinan bahwa baik faktor pembawaan maupun faktor lingkungan memiliki andil yang sama besar.

Berdasarkan uraian mengenai aliran-aliran doktrin filosofis yang berhubungan dengan proses perkembangan diatas, dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya kualitas hasil perkembangan terdiri dari:

  1. Faktor Internal, yaitu faktor dari diri siswa itu sendiri meliputi pembawaan dan potensi psikologis tertentu yang turut mengembangkan dirinya sendiri.
  2. Faktor Eksternal yaitu hal-hal yang datang atau ada di luar diri siswa yang meliputi lingkungan (khususnya pendidikan) dan pengalaman berinteraksi siswa dengan lingkungan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Hakikat perkembangan

  • beberapa pengertian mengenai kata intuisiSecara terminologis, intuisi yaitu pemahaman, pengenalan, penglihatan, atau penangkapan (aprehensi) terhadap suatu kebenaran secara langsung tanpa melalui inferens (peny ...
  • Pengertian fisika dan kimia Pengertian fisika dan kimia Fisika dan kimia tergabung dalam Ilmu Pengetahuan Alam yang membahas tentang alam semesta dengan semua isinya. Namun keduanya berbeda.&nb ...
  • Contoh Resensi Buku Menjadi Jutawan dari Bisnis TokekJudul    : Menjadi Jutawan dari Bisnis TokekPenulis    : Ir. Bambang SupriyadiPenerbit            : ParasmuTahun Terb ...
  • Konsep Dasar Manajemen Kurikulum Konsep Dasar Manajemen Kurikulum 1.Pengertian manajemen kurikulum Secara etimologis, istilah kurikulum berasal dari bahasa yunani, yaitu curiryang artinya “pelari” ...
  • Perkembangan peserta didik A.    Pengertian Perkembangan peserta didik  Perkembangan adalah serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan ...

0 comments:

Post a Comment