Thursday, September 8, 2016

Makna Keragaman Manusia

  1. Makna Keragaman Manusia

Keragaman berasal dari kata ragam. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ragam berarti jenis, macam. Keragaman menunjukkan adanya banyak macam.

Keragaman manusia bukan berarti amanusia itu bermacam-macam atau berjenis-jenis seperti halnya binatang dan tumbuhan. Manusia sebagai Makhluk Tuhan tetaplah berjenis satu. Keragaman manusia dimaksudkan bahwa setiap manusia memiliki perbedaan. Perbedaan itu ada karena manusia adalah makhluk individu yang setiap individu yang setiap individu memiliki cirri khas tersendiri. Perbedaan itu terutama dilihat dari sifat-sifat pribadi, misalnya sikap, watak, kelakuan, tempramen, dan hasrat. Contoh sebagai mahasiswa baru kita akan menjumpai teman-teman mahasiswa lain dengan sifat dan watak yang beragam. Dalam kehidupan sehari-hari kita akan menemukan keragaman akan sifat dan cirri-ciri khas dari setiap orang yang kita jumpai. Jadi manusia sebagai pribadi adalah unik dan beragam.

Selain makhluk individu, manusia juga makhluk sosial yang membentuk kelompok persekutuan hidup. Tiap kelompok persekutuan hidup manusia juga beragam. Masyarakat sebagai persekutuan hidup itu berbeda dan beragam karena perbedaan, misalnya dalam hal ras, suku, agama, budaya, ekonomi, status sosial, jenis kelamin, daerah tempat tinggal, dan lain-lain. Hal-hal demikian sebagai unsure-unsur yang membentuk keragaman dalam masyarakat.

Keragaman manusia baik dari tingkat individu maupun tingkat masyarakat merupakan realitas atau kenyataan yang mesti dihadapi dan alami. Keragaman individual maupun sosial adalah implikasi dari kedudukan manusia, baik sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.

Kita sebagai individu akan berbeda dengan seseorang sebagai individu yang lain. Demikian pula kita sebagai bagian dari suatu masyarakat memiliki perbedaan dengan masyarakat lainya. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Makna Keragaman Manusia

0 comments:

Post a Comment