Judul buku : Psikologi Pendidikan
Pengarang : Prof. Dr. H. Djaali
Penerbit : Bumi Aksara
Tahun terbit : 2009
Kota terbit : Jakarta
Tebal buku : x+138 halaman
Pada dasarnya jiwa manusia dibedakan menjadi dua aspek, yaitu aspek kemampuan (ability) dan aspek kepribadian (personality). Aspek kemampuan meliputi belajar, inteligensia, dan bakat, sedangkan aspek kepribadian meliputi watak, sifat, penyesuaian diri, minat, emosi, sikap dan motivasi.Ilmu tentang kepribadian cangkupannya sangat luas, teori ini sangat maju dalam pengenalan yang lebih luas tentang kepribadian manusia.
Kepribadian manusia merupakan gabungan dari berbagai sifat dan konsep diri orang. Jika diteliti lebih lanjut proses ini sudah berjalan dengan memberi pengalaman dan mewarnai perkembangan kepribadian seseorang. Jadi secara umum, dapat dikatakan bahwa kepribadian merupakan suatu proses dinamis di dalam diri, yang terus menerus dilakukan terhadap sistem psikofisik (fisik dan mental), sehingga ego merupakan internalisasi dari norma sosial dan kultural masyarakatnya, id dan super ego seringkali bertentangan, dan ketiganya berada dalam alam bawah sadar manusia.
Pertumbuhan pribadi sebagai perubahan kuantitatif pada material pribadi sebagai akibat dari adanya pengaruh lingkungan material seperti sel, kromosom, butir darah, rambut, lemak, dan tulang tidak dapat dikatakan berkembang melainkan tumbuh. Pertumbuhan dinyatakan dalam bentuk perubahan yang terjadi pada bagian-bagian material, tetapi pertumbuhan itu sendiri mempunyai sifat kesatuan dan keumuman, dalam hal ini suatu organisme.
Menurut Kaplan dan Saddock, emosi adalah keadaan perasaan yang kompleks yang mengandung komponen kejiwaan, badan, dan perilaku yang berkaitan dengan affect dan mood. Affect merupakan ekspresi sebagai tampak oleh orang lain dan affect dapat bervariasi sebagai respons terhadap perubahan emosi, sedangkan mood adalah suatu perasaan yang meluas, meresap dan terus-menerus yang secara subjektif dialami dan dikatakan oleh individu dan juga dilihat oleh orang lain.
Kemampuan belajar peserta didik sangat menentukan keberhasilannya dalam proses belajar. Diantara kebutuhan hidup manusia terdapat tiga macam kebutuhan, yaitu kebutuhan untuk berprestasi, kebutuhan untuk berafiliasi, kebutuhan untuk memperoleh makanan. Standar keunggulan tugas adalah standar yang berhubungan dengan pencapaian tugas sebaik-baiknya.
Faktor yang mempengaruhi belajar adalah motivasi. Motivasi menurut Sumadi Suryabrata adalah keadaan yang terdapat dalam diri seseorang yang mendorongnya untuk melakukan aktivitas tertentu guna pencapaian suatu tujuan, motivasi meliputi: motivasi berprestasi, motivasi berkarier, motivasi pelayanan, dan motivasi kerja. Sikap, yaitu meliputi, konsep sikap belajar, peranan sikap belajar, sikap sosial, dan sikap terhadap tugas. Minat, yaitu meliputi usaha, minat dan kelelahan, realistis, investigatif, artistik, sosial, enterprising, dan konvensional.
Buku ini membahas tentang psikologi dalam jiwa pendidikan, yang dialami oleh seorang pelajar. Sangat bermanfaaat, untuk menambah wawasan serta menjadikan potensi yang harus dimiliki oleh seorang pelajar. Kelebihan buku ini adalah bahasa yang mudah dipahami, sehingga tidak sulit untuk memahami setiap kalimat yang dimaksudkan.
0 comments:
Post a Comment